Posisi Tidur Pada Waktu Asam Lambung Naik

bunganwar - Gaya hidup masyarakat terutamanya di perkotaan di sekarang ini memicu munculnya beberapa penyakit. Satu diantaranya yang dirasa oleh sebagian orang adalah persoalan naiknya asam lambung. Mereka yang asam lambungnya tiba-tiba naik di saat malam hari dekati tidur disarankan mengimplementasikan posisi tidur naik 30 derajat, kata dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Niken Ageng Rizki, Sp.THT-KL.

Posisi Tidur Pada Waktu Asam Lambung Naik

"Pada kondisi asam lambung naik, posisi tidur juga harus naik 30 derajat, tidak boleh terlentang rata. Pakai dua bantal lebih kurang," ucapnya beberapa waktu lalu diambil dari Antara. Ganjalan bantal bukan hanya pada leher atau kepala tetapi juga dari punggung, agar asam lambung tidak naik dan pada akhirannya membuat iritasi lalu jatuh ke paru-paru.

Pada mereka yang alami asam lambung naik, umumnya mengeluhkan mulutnya kering saat bangun tidur, atau terasa perih dan ada rasa pahit di lidah. "Pasien biasanya mengeluh saat bangun tidur mulutnya kering, seperti rasanya perih, ada pahit-pahit di lidah. Itu juga bisa permasalahan karena asam lambungnya naik," kata Niken yang staf Departemen THTKL Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Kemauan itu.

Pertolongan untuk Persoalan Asam Lambung

Kontribusi pertama persoalan ini dengan berdiet asam lambung misalnya turunkan konsumsi kopi, teh, bawang putih, jahe, cokelat, alpukat, makanan terlalu berbumbu seperti gulai atau kari karena beberapa makanan ini bisa membuat iritasi dari asam lambung.

Selain itu, seperti diambil dari Healthline, turunkan berat badan jadi normal sebagai cara yang efektif untuk turunkan risiko asam lambung naik. Usaha ini turunkan penekanan intra-abdomen, yang turunkan kesempatan refluks.

Terkait makanan, menurut Mayo Clinic, beberapa makanan dan minuman seperti gorengan, tomat dan minuman beralkohol semestinya dijauhi dulu karena dapat menjadi memperburuk pertanda.

Anda bisa diskusi dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat. Niken menerangkan, peningkatan asam lambung pada jalan napas, tenggorokan bisa membuat iritasi jalan napas dan membuat pailit atau tertutup.

Dampaknya, jalan napas terusmbat dan bisa timbulkan dengkuran atau permasalahan bernapas saat tidur karena ada sumbatan di jalan napas. Suara parau yang ada karena getaran udara di langit-langit mulut atau tenggorokan.

"Pemicunya henti napas atau apnea sampai tubuh tidak terima oksigen saat tidur. Karena ada blokade jalan napas, menyebabkan getaran pada tenggorokan atau jalan napas," tandas Niken.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Agus Warteg
    Agus Warteg July 3, 2022 at 7:47 AM

    Oh ternyata pas asam lambung naik itu sebaiknya tidur dengan diganjal kepala dan juga punggungnya biar gak naik ke paru-paru ya kang, makasih infonya.😀

    • Bung Aan
      Bung Aan July 4, 2022 at 8:01 AM

      iya kang, saya juga lakukan seperti itu kecuali cape banget dan ketiduran hehehe.

Add Comment
comment url