8 Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan

Apa yang pertama tebersit di pemikiran saat dengar kata mudik? Membahagiakan karena akan berjumpa keluarga? Berlibur ramai-rame? Mulai memburu ticket ke arah desa halaman? Kumpulkan cuti untuk perpanjang periode mudik? Atau justru terpikir kemacetan dan padatnya jalan raya saat berkendaraan? Waktunya Anda cari tahu panduan mudik nyaman dan aman.

Seperti peribahasa lama, banyak jalan ke arah Roma, langkah pulang ke arah desa halaman beragam. Dan dari bermacam langkah ini dapat juga diputuskan sama sesuai opsi masing-masing. Terkadang karena ada arah yang cuma bisa dilakukan lewat lajur laut saja sehingga pemudik banyak memakai kapal untuk pulang.

Beda hal apabila sudah ada transportasi darat yang ke arah desa halaman, seperti kereta api atau bahkan juga jalan tol. Hingga semakin bertambah opsi untuk pemudik dan kurangi kepadatan di jalan. Walau bagaimanapun, karena tingginya arus mudik, tetap bakal ada kepadatan dan tingginya keinginan untuk transportasi dimulai dari H-6 hari raya lebaran.

Panduan mudik aman berikut ini penting diingat, khususnya untuk pemudik yang hendak lakukan perjalanan pada tahun ini. Dengan mengembangnya jaman dan semakin jumlahnya opsi transportasi yang bisa dipakai, karena itu penyiapan mudik lebaran juga dapat berlainan dari tahun ke tahun.

Sumber Gambar : Detik.com

8 Tips Mudik Aman dan Nyaman

  • Cek kendaraan yang hendak dipakai mudik

Bila anda merencanakan menyopir sendiri atau memakai kendaraan sewaan, check keadaan kendaraan dan yakinkan kuat untuk perjalanan jauh anda. Tentu saja janganlah sampai terjadi permasalahan di tengah-tengah jalan supaya tidak perlambat perjalanan anda.

  • Berpakaian sesuai tempatnya

Tentu saja anda tidak mau disibukkan dengan baju acara pesta saat anda perlu duduk sejauh perjalanan kan? Atau memakai high heels saat anda perlu memburu bis atau kereta? Pakai baju yang nyaman hingga tidak mengusik perjalanan anda saat mudik, apa lagi bila barang bawaan anda bukan hanya satu.

  • Hindari bawa uang kontan dengan jumlah besar

Uang kontan memang diperlukan diperjalanan, contoh untuk bayar parkir, beli makanan di tepi untuk belanja, atau jalan. Tetapi karena dalam situasi mudik anda akan berjumpa dengan keramaian orang, sebaiknya untuk bawa uang kontan seperlunya, atau bisa anda untuk ke sejumlah kantong yang bisa anda capai dengan mudah. Sekarang telah ada jalan keluar lain untuk bayar tanpa tunai, yakni dengan GO-PAY yang diterima luas di beberapa merchant di Indonesia.

  • Jangan memakai banyak perhiasan yang menarik perhatian

Kejahatan dapat muncul karena ada target empuk dan peluang. Hingga taruh dahulu perhiasan kecintaan anda untuk mudik aman tanpa takut terkena copet pada tempat umum.

  • Waspadai makanan pemberian orang tidak dikenali

Pemberian dari orang yang barusan anda kenalan di kereta tidak ada aman kan? Karena banyak kasus di mana minuman atau makanan yang diberi digabung dengan beberapa obat tertentu supaya anda meleng pada bawaan anda. Karena itu lebih bagus bila anda bawa peralatan mudik sendiri terhitung makanan dan obat-obatan. Bila tidak, anda masih tetap bisa beli sejauh perjalanan.

  • Manfaatkan GPS pada handphone

Ini akan bermanfaat untuk memeriksa perjalanan anda telah tiba di mana, dan anda bisa memakainya untuk ketahui lokasi anak, suami, atau istri bila sempat terpisah di jalan. Pakai feature sharing location pada Google Maps yang bisa dijangkau pasangan dan anda.

  • Cari info dari faksi yang berkuasa

Bila anda cukup kebingungan pada jalur atau kendaraan transit yang anda pakai sepanjang perjalanan, selekasnya mencari faksi yang berwenang. Seperti petugas keamanan atau yang bekerja pada transportasi yang anda gunakan. Hingga info yang anda mencari terjaga tidak menyimpang dan benar.

  • Tetap konsentrasi pada jalan dan keluarga

Panduan aman saat mudik yang lain, jangan dibiarkan pemikiran anda kosong, upayakan supaya masih tetap optimis hingga beberapa aktor kejahatan pun tidak berani dekati keluarga dan anda.

Pada dasarnya dan dasar dari semua panduan mudik nyaman dan aman di atas segera dapat dilaksanakan bila anda pada kondisi sehat. Hingga masih tetap menjaga kesehatan anda dan keluarga agar masih tetap bisa jalani mudik secara nyaman sampai hingga arah.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url